Domba batur domba lokal Banjarnegara

Indonesia sangat kaya dengan jens domba lokal, ada domba wonosobo domba komposit sumatra kambing gembrong dan masih banyak lagi. pada kesempata kali ini peternkmuda akan membahas domba batur Banjarnegara atau sering juga disebut domas.  jenis ini merupakan hasil persilangan antara domba ekor tipis, domba suffolk dan domba texel.

Sekitar tahun 1984 kelompok tani ternak yang berada di kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, berupaya untuk menyilangkan domba yang kala itu bantuan Presiden dengan domba lokal, keturunan hasil persilangan tersebut kemudian diberinama Batur atau Domas oleh warga setempat. Awal perkembangannya domba ini menjadi ikon tersendiri di Banjarnegara sampai akhirnya sekitar pada tahun 2009 mulai dikembangkan dibeberapa daerah di Pulau Jawa dan Sumatra.

kelebihan domba ini yaitu pada saat usia 2 tahun domba jantan sudah memiliki bobot mencapai 100 kg dan yang betina sekitar 80 kg, bahkan ada pula domba jantan yang bobotnya bisa mencapai 140 kg dan biasanya domba dengan bobot yang besar ini digunakan untuk pejantan karena dinilai dapat menghasilkan bibit yang bagus pula. Menurut beberapa pendapat daging yang dihasilkan oleh domba ini lebih empuk dan rendah akan lemak sehingga cocok untuk dijadikan masakan seperti sate dan yang lainnya. Domba ini dapat mulai dikawinkan pada umur 8 bulat saat domba betina bobotnya mencapai 50 sapai 60 kg, domba betina akan bunting selama 5 bulan dengan prosentase kelahiran 1,5 ekor setiap kali melahirkan.

ciri ciri domba domba batur Banjarnegara

  •     Postur tubuhnya bisa besar dan panjang.
  •     Kaki dari domba ini cenderung pendek namun kuat.
  •     Domba ini tidak memiliki tanduk baik itu yang jantan maupun yang betina.
  •     Kulit dari domba ini cenderung tipis dari pada jenis domba yang lain seperti jenis domba texel Wonosobo, namun bulu dari domba ini lebih tebal dari pada yang lainnya.
  •     Seluruh tubuh domba ini diselimuti warna bulu yang dominan yaitu putih hingga bagian muka.
  •     Keunggulan yang jelas terlihat dari domba ini memiliki berat badan yang besar, untuk yang jantan berkisar antara 90 sampai 140 kg sedangkan yang betina antara 60 sampai 80 kg serta tingginya mencapai 75 cm untuk yang jantan sedangkan yang betina bisa mencapai 60 cm.
semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih. Salam cinta dari ujung kandang hidup peternakan indonesia. Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb

0 Response to "Domba batur domba lokal Banjarnegara "

Post a Comment

komentar yang baik baik yah

Popular Posts