pentingnya menyayangi hewan sejak kecil

Halo kawan kawan semuanya, Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, kali ini admin peternakmuda.com akan posting mengenai pentingnya menyayangi hewan sejak kecil.

Mengenalkan hewan sejak kecil memang sangatlah diperlukan kawan peternak muda ,  sekedar share teman saya ada yang takut dengan hewan, teruman ayam,  sering banget saya kerjain megang ayam terus saya deketin kedia wkwkwk, menurut admin sih anak tersebut bisa takut kerana tidak terbiasa sih dididik ortunya, kerana ortunya sibuk bekerja dan watu berama minim.

langkah langkah mendidik agar anak mencintai hewan  yang saya rangkum dari berbagai sumber dan terbukti efektif adalah sebagai berikut, langsung saja kuy,

Ajak anak ke peternakan









 Seperti terlihat pada gambar disamping , anak anak tk sedang mengunjungi peternakan sapi, dan ayam,  hem....  serasa balik kemasa kecil, selain mengenal ternak,  kita juga dapat mengajarkan  anak berinteraksi langsung dengan ternak ,  agar saat besar terbiasa dengan hewan dan bisa jadi pengusaha peternakan sukses . :)


Memberi contoh mengelus atau memegang binatang dan memberi makan binatang


Memegang binatang memeng harus diberi contoh kawan peternak muda , kerana hewan adalah mahluk hidup yang bila merasa tidak nyaman akan memberontak.begitupula saat memberi makan hewan, salah salah kita yang digigit, dan pastinya sakit, jadi hati hati yah,




Bacakan cerita dan tayangkan video binatang

sebelum tidur ada baiknya anak diberi pembelajaran, yaitu melalui dongeng atau bergambar. selain dengan dongeng juga dapat melalui menonton vidio, yang populel adalah dengan youtube,  kemajuan teknologi harus dimanfaatkan dengan bijak.

Jika anak sudah terbiasa menyayangi binatang sejak kecil, mereka akan membawa kebiasaan ini hingga dewasa. Sehingga mereka akan terhindar dari berbagai perbuatan yang akan menyakiti binatang. Jika dengan binatang saja mereka bisa sayang, maka mereka akan bisa memiliki rasa sayang antar manusia yang lebih besar lagi dan terwujudlah kedamaian, kerana manusia hidup selaras dengan alam.

pengalaman yang saya temui ketika anak kucing dibuang ditempat sampah, anak yang sudah terbiasa didik menyayangi hewan makan rasa empati akan bergerak dan menolong hewan tersebut. berbeda cerita jika tidak didik menyayangi hewan, pasti akan dibiarkan aja.
dari contoh diatas mengenal hewan sejak kecil mengajarkan kita banyak hal, dan pelajaran yang sangat penting. saat kita kecil masa inilah yang membentuk pribadi kita. menyayangi hewan akan membuat kita menjadi pribadi yang baik.

sekian dulu kawan, semoga postingan ini bermanfaat yah kawan peternakmuda , salam cinta dari ujung kandang, hidup peternakan indonesia.

0 Response to "pentingnya menyayangi hewan sejak kecil"

Post a Comment

komentar yang baik baik yah

Popular Posts