Tradisi jual beli hewan unik

Hay kawan peternak muda, kali ini saya akan membagikan transaksi jual beli unik, Di era modern sekarang ini, tradisi jual beli ternak  pada umumnya,  pasti akan dilakukan secara terbuka, dari kawan kawan semuanya ketika jual beli ternak pasti yang dijumpai seperti itu. Tetapi tidak pada pasar yang satu ini. Ya tepatnya tradisi unik dari Sumatera Barat yaitu namanya treadisi Marasok. Tradisi tersebut masih terjaga dengan baik di Pasar Ternak Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok


Marosok dalam Bahasa Indonesia adalah meraba, merasakan, dan memegang sesuatu tampa melihat apa barang tersebut tapi hanya merasakannya berdasarkan otak dan perasaan.  inti dari ini adalah melakukan penawaran dengan saling meraba. Tradisi ini dimulai ketika pembeli telah menemukan ternak yang dianggap cocok, maka akan terjadi tawar menawar harga ternak.

 Tawar menawar ini dilakukan dengan cara Marosok, dimana tangan pedagang dan pembeli saling bersalaman, disitu jari mereka saling marosok atau meraba satu sama lain.
 Pedagang lebih dahulu menetapkan harga, dan apabila dirasa tidak cocok pembeli boleh menawar. Dan perlu diingat bahwa sewaktu tawar menawar berlangsung tangan pedagang dan pembeli ternak disembunyikan dibalik sarung, topi atau handuk kecil.

kelebihan dari tradisi Marosok yaitu  diyakini menghindari perselisihan antar-warga, kerana transaksi dlakukan oleh 2 orang dan dalam keadaan tertutup dan hanya 2 orang tersebut yang tau.
 menghindarkan terjadinya persaingan terbuka antara sesama pedagang ternak yang akibat nya akan merusak harga dan rasa solidaritas diantara sesama pedagang ternak.

“Kalau pakai cara marososk lebih enak, karena kawan yang lain tidak akan tau. Takutnya kalau tau harga ternak tersebut yang saya tawarkan ke pembeli, nantinya bisa saling menjatuhkan. Kita kan sebagai pedagang juga tidak mau rugi, akibatnya perkelahian tidak bisa dihindarkan (wawancara dengan bapak SO pedagang ternak, 26 Februari 2017)  

Dalam transaksi ini Jari-jari tertentu menunjukkan angka dalam jutaan, ratusan ribu, hingga puluhan ribu. Sewaktu tawar menawar berlangsung, penjual dan pembeli saling menggenggam, memegang jari, menggoyang ke kiri dan ke kanan. Jika transaksi berhasil, setiap tangan saling melepaskan. Sebaliknya, jika harga belum cocok, tangan tetap menggenggam erat tangan yang lain seraya menawarkan harga baru yang bisa disepakati.

Makna Simbol Simbol Dalam Tawar Menawar Nilai Dari Simbol Jari‐Jari Tangan Dalam Tawar Menawar:
1. Untuk bilangan satu simbolnya jari telunjuk.
2.  Untuk bilangan dua simbolnya jari telunjuk dan jari tengah dipegangsecara bersamaan.
3. Untuk bilangan tiga simbolnya jari telunjuk, jari tengah dan jari manis dipegang secara bersamaan. 4. Untuk bilangan empat simbolnya jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking di pegang secara bersamaan
5. Untuk bilangan lima simbolnya memegang jari telunjuk kemudian dilepaskan. Kemudian pegang kelima jari secara bersamaan dan ditekan kebawah.
6. Untuk bilangan enam simbolnya memegang jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan kelingking secara bersamaan dan ditekan ke bawah.
 7. Untuk bilangan tujuh simbolnya memegang jari telunjuk, jari tengah dan jari manis secara bersamaan dan ditekan ke bawah
. 8. Untuk bilangan delapan simbolnya memegang jari telunjuk, jari tengah secara bersamaan dan ditekan ke bawah.
9. Untuk bilangan sembilan simbolnya memegang jari telunjuk kemudian lepaskan, lalu pegang kembali jari telunjuk tadi dan ditekan ke bawah.
10. Untuk bilangan setengah simbolnya lima jari
11. Untuk bilangan seperempat simbolnya ibu jari.

Sedangkan untuk  mengurangi dan menambah harga dalam tawar menawar dilakukan dengan cara menekan jari atau memutas telapak tangan. „Kalau mau minta turun harga, jari ditekan kebawah. Dan kalau untuk minta tambah harga jari ditekan keatas(wawancara dengan bapak SB, 26 Februari 2017)”. 

SUMBER Jom FISIP Volume 4 NO. 2 Oktober 2017 

Bagaimana kawan menarik bukan terita tersebut, sekian posting saya kali ini, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih, salam cinta dari ujung kandang, hidup peternakan indonesia.


0 Response to "Tradisi jual beli hewan unik"

Post a Comment

komentar yang baik baik yah

Popular Posts