Hijauan Pakan Ternak leguminosa Kaliandra sp

HY kawan semuanya, selamat pagi kawan kawan, selamat beraktifitas, pada kesempatan kali  ini saya akan posting tentang Hijauan Pakan Ternak  yaitu leguminosa Kaliandra. oke kawan ayo kita kenalan dengan leguminosa Kaliandra.. Semoga bermanfaat, jgn lupa berbagi ke yg lain yaa Sobat.. agar ilmunya makin bertambah. 
Calliandra sp,  Kaliandra dapat digunakan sebagai pakan ternak terutama bagian daunnya. spesies yang sudah terkenal yaitu calothyrsus tanaman ini sangat disukai oleh ternak terutama ternak kambing. kerana ternak kambing sangat menyukai rambanan. Daun kaliandra memiliki kandungan protein yang cukup tinggi (Protein Kasar sebesar ±22%).

 Spesise tanaman kaliandra Setidaknya terdapat sekitar kurang lebih 200 jenis kaliandra diseluruh dunia, tentu jumlah ini sangatlah banyak, sehingga sangat potensial untuk dikembangkan, dan mungkin bisa buat penelitian atau skripsi :v,  di Indonesia sendiri, masyarakat banyak mengenal kaliandra bunga merah (Calliandra calothyrsus) dan kaliandra bunga putih (zapoteca). 
Keunggulan kaliandra diantaranya dapat tumbuh dengan baik pada musim kemarau, mudah dikembangbiakkan baik dengan biji langsung maupun dikecambahkan lebih dahulu. perkembangan biakan tanaman ini juga dapat dengan vegetatif buatan contohnya yaitu dicangkok tapi cara ini jarang sekali digunakan, cara yang sering digunakan yaitu dengan secara generatif, yaitu melalui biji.  Biji yang sudah tua mudah sekali berkecambah. Tanaman ini bisa berbunga sepanjang tahun, namun biji biasanya dihasilkan pada musim kemarau. Umur tanaman realtif berumur panjang bisa mencapai ±12 tahun. dan yang paling penting adalah tanaman ini tahan pemangkasan. sehingga dapat digunakan terus menerus sebagai tanaman pakan yang berkelanjutan. pokoknya sangat potensial untuk dikembangkan.

Tumbuhan  ini balk tumbuh  pada ketinggian 400 - 800 m dpl. Bisa tumbuh pada wilayah dengan curah hujan 700 - 3000 mm/th dengan tidak Iebih dari 7 buian kering per tahun, namun di Pulau Jawa pertumbuhan yang balk dicapai pada curah hujan 2000 - 4000 mm/th. Tumbuh pada berbagai tipe dan kesuburan tanah. Bisa beradaptasi pada tanah masam yang tidak begitu subur.

Ciri-ciri umum  dari tanaman ini diantaranya tanaman dengan pohon kecil yang bercabang banyak, tingginya bisa mencapai 10 m namun rata-rata 4-6 m, diameter batang sampai 30 cm, warna batang cokiat tua, daunnya sangat lebat, bunganya komposit terdiri dari beberapa bunga dan warna bunga merah jambu sampai merah tua.
sekian posting kali ini yah kawan kerana sudah terlalu panjang dan saya cape mengedit dan mengetik posting ini :v salam cinta dari ujung kandang.jayalah peternakan indonesia. salam peternak muda

2 Responses to "Hijauan Pakan Ternak leguminosa Kaliandra sp"

  1. Mungkin sejenis daun putri malu ya gan, daunnya mirip, tapi informasinya menarik sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan memang mirip, kerana masih 1 keluarga

      Delete

komentar yang baik baik yah

Popular Posts