mengenal ternak unggas

pagi semua, sesuai janji saya kemarin, kali ini saya mau post tentang Peternakan unggas. sebenarnya ada banyak jenis unggas tp yang saya  mau bahas kali ini adalah fokus ke ternak unggas ayam. menurut wikipedia Unggas (bahasa Inggris: poultry) adalah jenis hewan ternak kelompok burung yang dimanfaatkan untuk daging dan telur atau bulunya. Umumnya merupakan bagian dari ordo Galliformes (seperti ayamdan kalkun), dan Anseriformes (seperti bebek).ternak unggas.

 


Klasifikasi ayam

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Aves
Subkelas : Neonithes
Superordo : Superordo
Ordo : Galiformes
Famili : Phasianidae
Genus : Gallus
Spesies : Gallus Domesticus

ditilik dari asal usulnya ayam yang ada sekarang diduga  berasaal dari ayam ayam liar(wild-fowl) atau ayam hutan dari gallus species. galus species ada 4 yaitu:
  1.  Gallus gallus sejenis burung berukuran sedang, dengan panjang sekitar 78 cm, dari suku Phasianidae. Ayam betina berukuran lebih kecil, dengan panjang sekitar 46 cm. Ayam-hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel yang panjang meruncing berwarna kuning coklat keemasan dengan kulit muka merah, iris coklat, bulu punggung hijau gelap dan sisi bawah tubuh berwarna hitam mengilap. Dikepalanya terdapat jengger bergerigi dan gelambir berwarna merah. Ekornya terdiri dari 14 sampai 16 bulu berwarna hitam hijau metalik, dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Kaki berwarna kelabu dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua kekuningan dengan garis-garis dan bintik gelap. 
  2. gallus lafayetti dikenal dengan ceylonese jungle flow. tempat hidup disekitar pulau ceylon(srilangka. Gallus lafayetti atau ceylonese jungle fowl Gallus lafayetti merupakan ayam hutan yang berwarna jingga dan hidup di hutan-hutan Ceylon. Ciri-ciri ayam ini adalah sebagai berikut.
    a) Pada bagian dada dan sayap bawah ayam jantan berwarna oranye.
    b) Bagian tengah jengger berwarna kuning dan telinga merah.
    c) Telurnya berbintik-bintik.
  3. Gallus varius atau green jungle fowl Gallus varius merupakan ayam hutan hijau yang hidup di hutanhutan Pulau Jawa, terutama Jawa Tengah, Jawa Timur; Madura; Bali; Lombok, Flores, dan Nusa Tenggara. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut.
    a) Warna bulu pada ayam jantan dilapisi lapisan hijau di permukaan atasnya, sedangkan pada ayam betina berwarna cokelat kekuningan.
    b) Jengger hanya satu (single comb) dan permukaan jenggernya licin serta rata (tidak bergerigi).
    c) Pial (gelambir) satu helai dan terletak di antara kedua belah tulang rahang bawah.
    d) Bulu ekor utama sebanyak 16 helai.
    e) Bulu leher pada jantan bulat dan pendek-pendek
     4. Gallus sonnerati atau gray jungle fowl
Gallus sonnerati merupakan ayam hutan berwarna abu-abu. Tempat hidup aslinya di hutan-hutan India bagian barat daya. Ciri-cirinya hampir mirip dengan Gallus gallus, tetapi warna bulunya keabu-abuan. Selain itu, telur yang dihasilkan oleh Gallus sonnerati terkadang berbintik-bintik pada kulit telurnya.


1 Response to "mengenal ternak unggas"

  1. Salam kenal, saya sudah membaca beberapa artikel Anda, dan saya tertarik, aku juga sedang belajar beternak unggas, silakan berkunjung di blog gratisan kalkunbanyumas.blogspot.com

    ReplyDelete

komentar yang baik baik yah

Popular Posts